Selasa, 07 November 2023

BENARKAH PENYAKIT GUSI MENYEBABKAN TIMBULNYA PENYAKIT KARDIOVASKULER ?

 

https://images.app.goo.gl/puvqYpVveTGSWFN89

Infeksi oral terutama karies gigi dan penyakit periodontal seperti gingivitis dan periodontitis merupakan penyakit yang sangat lazim terjadi pada manusia namun sering diabaikan. Masyarakat umumnya masih kurang peduli dengan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Kurang lebih 49% populasi menderita periodontitis tahap ringan sebesar 80-90%.2,3 Periodontitis ringan-sedang mengenai 30%-50% orang dewasa dan bentuk yang parah mengenai 5%-15% orang dewasa di Amerika Serikat. 

Macam-Macam Penyakit Gusi

Secara umum, ada 2 (dua) jenis gangguan atau penyakit gusi yang umum terjadi, yaitu:

1.      Gingivitis, yaitu peradangan pada gusi yang ditandai dengan gusi nyeri, bengkak, dan memerah.

2.     Periodintitis, yaitu terbentuknya kantung yang berisi nanah di dekat akar gigi akibat infeksi bakteri.

Jenis gangguan gusi inilah yang dikhawatirkan berisiko menyebabkan gangguan jantung karena bakteri dari gusi yang terinfeksi dapat berpindah ke jantung, serta kebiasaan membersihkan gigi yang tidak benar diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Seseorang dengan kesehatan mulut yang buruk memiliki kemungkinan 2 hingga 3 kali lebih besar terkena penyakit kardiovaskular atau serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh infeksi gusi (periodontitis) yang disebabkan oleh penumpukan plak bakteri, yang dapat membentuk kantong berisi nanah di area sekitar akar gigi.

https://images.app.goo.gl/GmCNF6Psj7RaBkhz8

Bakteri Penyebab Periodontitis

Actinobacillus actinomycetemcomitans, Porphyromonas gin givalis, dan Bacteroidesforsythus adalah bakteri gram negatif yang paling sering dikaitkan dengan periodontitis. Bukti penelitian menunjukkan bahwa bakteri P. gingivalis yang ditermukan pada plak gigi memiliki kemampuan untuk menyerang sel-sel endotel. Bakteri ini dapat dengan aktif melekat dan menyerang sel-sel hati sapi dan sel endotel dari pembuluh darah jantung. Oleh karena itu, kehadiran mikroorganisme ini dalam aliran darah, yang berasal dan mulut, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Apabila tidak segera diobati, infeksi gusi ini dapat merusak jaringan dan tulang gusi, merusak gigi, bahkan masuk ke aliran darah dan menyerang organ tubuh lainnya seperti jantung. Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah yang terdapat pada gusi mempunyai kemampuan untuk menularkan bakteri ke bagian tubuh lainnya, sehingga dapat membesar dan berdampak pada penyempitan pembuluh darah.

Keadaan ini dapat memicu pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah yang disebut dengan aterosklerosis. Apabila terjadi pada pembuluh darah jantung dan otak, peradangan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, jika bakteri menyebar ke katup jantung, hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit katup jantung.

Cara Pencegahan:

1.   Agar kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

2.      Hindari menyikat gigi terlalu keras dan gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus.

3.      Periksakan gigi ke dokter minimal enam bulan sekali.

  

Referensi:

Healthline. 2019. Everything You Need to Know about Dental and Oral Health.

Ibrahim, R. Z., & Rahmah, M. (2020). PERIODONTITIS DAN PENYAKIT KARDIOVASKULAR (Tinjauan Pustaka). Cakradonya Dental Journal, 12(1), 24-29.

Salinas, T. Mayo Clinic. 2020. Will Taking Care of My Teeth Help Prevent Heart Disease?

Watson, K. Healthline. 2020. Should I Brush My Teeth Before or After Breakfast?

WebMD. 2019. The Mouth-Body Connection: 6 Ways Oral Hygiene Helps Keep You Well.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Hello Healthies!!! 💞 Perkenalkan nama saya Chandika Wirawati Purnama, saya merupakan penulis sekaligus pemilik situs blog ini. Saya ...